Selasa, 11 Oktober 2011

[MAKALAH] ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Diposkan oleh Eva Listiana di 21.47
Reaksi: 

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Alam adalah alam semesta dengan segala isinya. Banyak yang beranggapan bahwa ilmu pengetahuan alam selalu di kaitkan dengan teknologi.

Kemajuan ilmu dan teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalahgunaannya oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

B.   Tujuan
1. Apa itu Teknologi, manfaat, serta dampaknya?
2. Bagaimana sejarah perkembangan manusia dan pengembangan teknologi?
3. Benarkah Ilmu Pengetahuan Alam sebagai dasar pengembangan teknologi ?

C.   Rumusan Masalah
Berdasarakan latar belakang diatas dan tujuan, maka rumusan masalahnya yaitu : Dapat mengetahui apa itu teknologi, manfaat teknologi serta dampaknya. Dapat mengetahui sejarah perkembangan manusia dan perkembangan teknologi. Dapat mengetahui benarkah ilmu pengetahuan sebagai dasar pengembangan teknologi.







1
BAB II
PEMBAHASAN
1.     Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia
Sejak dahulu kala manusia telah menggunakan teknologi, misalnya dalam membuat alat untuk berburu seperti tombak mereka menggunakan teknologi sederhana. Teknologi di gunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dengan bantuan alat sehinngga apa yang dilihat, didengar dan di rasakan menjadi lebih sempurna.
Kemajuan teknologi tidak dapat dihindari karena setara dengan kemajuan ilmu pengetahuan, setiap inovasi memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia dan cara baru dalam melakukan aktivitas masyarakat.

Ilmu dalam bidang pengetahuan alam terbentuk karena adanya keingin tahuan mengenai sesuatu yang belum diketahui oleh orang-orang, keingin tahuan itu mengarah kepada mencari prinsip atau teori yang dapat diperoleh dari hasil pengkajian. Pengkajian ini bermaksud untuk memenuhi penjelasan dari objek (benda dan energy) dan peristiwa alam.
Teknologi dapat dibentuk dari pengetahuan alam, dan tanpa pengetahuan alam.  Teknologi tanpa pengetahuan alam di ibaratkan seperti mobil yang bergerak tetapi tanpa supir, sopir itu adalah ilmu pengetahuan alam. Jadi, pengetahuan alam ada dalam teknologi, dan teknologi aman digunakan untuk maskyarakat.

2.     Bagaimana sejarah pengembangan teknologi.
Perkembangan teknologi informasi dimulai pada tahun 1964 yaitu pada saat IBM memperkenalkan MT/ST (magnetic Type/Selectric Type) writer, yaitu mesin ketik elektronik yang dapat merekankan ke pita magnetic. Tahun itu merupakann awal dari aplikasi pengolahan kata (word processing) yang sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi pengolahan kata sekarang.

Perkembangan pada tahun 1946 yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator and computer). Pada era computer pertama ini, aplikasi yang banyak dilakukan adalah aplikasi teknik.
2
memberikan fasilitas pengolahan kata, pengolahan dokumen, penjadwalan, komunikasi dan kolaborasi antar manajer di dalam organisasi melalui jaringan internet.

Pada tahun 1990-an muncul Sistem infomasi eksekituf atau EIS.
Pada pertengahan tahun 1990-an juga mulain digunakan geographic informasi systems (GIS).
perkembangan terakhir adalah denga berkembangnya jaringan saraf (neural) buatan atau ANN.

3.     Dampak dan Manfaat Teknologi
3.1.                     Bidang Pendidikan
Beberapa dampak positif dan negative dari perkembangan teknologi terkait dengan dunia pendidikan, yaitu:

3.1.1.  Dampak positif
·        Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Seperti jaringan internet, lab computer sekolah, dll.

·        Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

·        Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka

·        Adanya sistem pengolahan data hasil penelitian yang menggunakan pemampaatan teknologi.

·        Pemenuhan kebutuhan akan pasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.

3.1.2.   Dampak negatif
Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain:

·        Siswa menjadi malas belajar
3
·        Terjadinya pelanggaran asosila

·        Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan yang dapat disalah gunakan oleh siswa.

·        Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.

·        Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam.

·        Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.

·        Adanya penyalahgunaan sistem pengolahan data yang menggunakan teknologi.










4
BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Untuk menciptakan sumber daya alam yang handal maka harus dikembangkan kurikulum yang berbasis pendidikan teknologi di jenjang pendidikan dasar.

Bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di mana peserta didik diberi kesempatan untuk membahas masalah teknologi dan kemasyarakatan, memahami dan menangani produk-produk teknologi, membuat peralatan-peralatan teknologi sederhana melalui kegiatan merancang dan membuat, dan memahami teknologi dan lingkungan.

4 komentar:

Syaifullah Arifin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Syaifullah Arifin mengatakan...

Hmm kok gak ada kata pengantarnya sih.. bisa dibuatin gak..? hehe

Dari kepala makalahnya yaahh hehe..

Syaifullah Arifin mengatakan...

Makasih ya ^^

Tugas ku udah kelar dari postingan kamu ^^
salam kenal :)

Eva Listiana mengatakan...

ia sama-sama... senang bisa membantu........

alhamdullah bisa bermanfaat...

Poskan Komentar

 

CATATAN KU Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea